Sabtu, 05 Agustus 2017

pemodelan perangkat lunak




Pemodelan Perangkat Lunak (Pertemuan ke-2)
1. Apakah perangkat lunak itu?
2. Apakah peran perangkat lunak?
3.  Bagaimana perkembangan perangkat lunak?
4. Apakah permasalahan perangkat lunak?
5. Apakah jenis aplikasi perangkat lunak?
6. Apakah perbedaan antara perangkat lunak (software)rekayasa perangkat lunak (software engineering) dan rekayasa sistem (system engineering)?
7. Apa isu dan tanggungjawab professional perekayasa perangkat lunak?
                                                      Jawaban 
  

1. Perangkat Lunak (Software)  
Software adalah sekelompok item atau objek yang membentuk konfigurasi di mana di dalamnya termasuk:

a. Program : sekumpulan instruksi yang ketika dieksekusi akan memberi fungsi dan hasil yang diinginkan.

b. Data : sekumpulan data yang memungkinkan program memanipulasi informasi.

c. Dokumen : sekumpulan dokumen yang menggambarkan operasi dan penggunaan program.

2. Peranan Perangkat Lunak: 
        a. Perangkat lunak adalah sebuah produk  
        b. Menyajikan potensi komputasi  
        c. Menghasilkan, mengelola, memperoleh, modifikasi, menampilkan atau mengirimkan informasi  
        d. Perangkat lunak adalah alat untuk menyajikan sebuah produk  
        e. Mendukung atau menyediakan langsung fungsi sistem  
         f. Mengendalikan program lain (mis : operating system)  
         g. Mempengaruhi komunikasi  (mis : networking software)  
         h. Membantu membangun PL lain (mis : software tools) 
  3. Perkembangan perangkat lunak :
 - Tahun-tahun Pertama (Era Pertama) 
 
Batch Orientation 
        Suatu orientasi di mana proses dilakukan setelah data dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu, atau proses dilakukan setelah data terkumpul, lawan dari batch adalah Online atau Interactive Process. Keuntungan dari Interactive adalah mendapatkan data yang selalu up to date.  
Limmited distribution
   Suatu penyebaran software yang terbatas pada perusahaan perusahaan  
Custom software 
Software yang dikembangkan berdasarkan keinginan perusahaanperusahaan tertentu.

- Tahun-tahun kedua (Era Kedua) 

a. Multi user    

Suatu sistem di mana satu komputer digunakan oleh beberapa user pada saat yang  sama.

b. Real Time
    Suatu sistem yang dapat mengumpulkan, menganalisa dan  mentransformasikan data dari berbagai sumber, mengontrol proses dan menghasilkan output dalam mili second.

c. Database

    Perkembangan yang pesat dari alat penyimpan data yang OnLine menyebabkan muncul generasi pertama DBMS (DataBase Management System).

d. Product Software
    Adalah software yang dikembangkan untuk dijual kepada masyarakat luas.

- Tahun-tahun ketiga (Era ketiga)


  Distributed system

        Suatu sistem yang tidak hanya dipusatkan pada komputer induk (Host computer), daerah atau bidang lainnya yang juga memiliki komputer yang ukurannya lebih kecil dari komputer induk. Lawan dari distributed system adalah Centralized System. 

   Embedded Intelegence

Suatu product yang diberi tambahan “Intellegence” dan biasanya
ditambahkan mikroprocessor yang mutakhir. Contohnya adalah 
 automobil, robot, peralatan diagnostic serum darah.


Low Cost Hardware
 Harga hardware yang semakin rendah, ini dimungkinkan karena 
  munculnya Personal Computer.


  Consumer Impact
     Adanya perkembangan komputer yang murah menyebabkan banyaknya software yang dikembangkan, software ini memberi dampak yang besar terhadap masyarakat.
- Tahun-tahun keempat(Era Keempat)

a. Expert System




        Suatu penerapan A.I. (Artificial Intellegence) pada bidang-bidang tertentu, misalnya bidang kedokteran, komunikasi, dll.

b. Al machine


       Suatu mesin yang dapat meniru kerja dari sebagian otak manusia. Misalnya mesin robot, komputer catur.

c. Parallel Architecture


               Arsitektur komputer yang memungkinkan proses kerja LAN paralel, yang dimungkinkan adanya prosesor berbeda dalam satu komputer

4. Masalah Perangkat Lunak 
1.   Estimasi jadwal dan biaya yang seringkali tidak tepat                                                 2. Produktivitas orang-orang software (programmer) yang tidak dapat mengimbangi permintaan kebutuhan software.                                                                                      3. Kualitas software yang kurang baik.
5. Jenis aplikasi perangkat lunak 

a. system software
b. engineering/scientific software   
c. application software  
d. embedded software . product line software
     e. WebApps (Web applications)


     f. AI software 



6. - Perangkat Lunak (Software)  
Software adalah sekelompok item atau objek yang membentuk konfigurasi di mana di dalamnya termasuk:

a. Program : sekumpulan instruksi yang ketika dieksekusi akan memberi fungsi dan hasil yang diinginkan.

b. Data : sekumpulan data yang memungkinkan program memanipulasi informasi.

c. Dokumen : sekumpulan dokumen yang menggambarkan operasi dan penggunaan program.

  - Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak)  

Rekayasa perangkat lunak (RPL) atau Software Engineering atau (SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas. 

 - System engineering  

System engineering adalah sub disiplin rekayasa yang berkaitan dengan manajemen keseluruhan proyek rekayasa selama siklus hidup mereka (lebih fokus pada aspek fisik) yang terkait dengan logistik, koordinasi tim, kontrol mesin otomatis, proses kerja dan alat serupa 

7.  Isu dan tanggungjawab profesional perekayasa perangkat lunak:

A. Confidentiality (Kerahasiaan)
Engineer seharusnya menghormati kerahasiaan dari klien mereka tanpa tergantung denganya atau tidaknya suatu persetujuan kerahasiaan formal ditandatangani.

B. Competence (Kemampuan)
Engineer mestinya tidak salah menggambarkan tingkatan kemampuannya. Mereka mestinya tidak dengan sadar menerima pekerjaan yang diluar kemampuannya.
 
C. Intellectual property rights (Hak milik intelektual)
        Engineers harus sadar akan hokum local yang mengatur penggunaan dari property intelektual seperti hak paten, hak cipta, dll. Mereka harus seksama untuk memastikan bahwa intelektual property klien harus dilindungi.
D. Computer misuse (Penyalahgunaan Komputer) 
        Software engineers mestinya tidak menggunakan kecakapan teknis mereka untuk menyalahgunakan komputer orang lain. Penyalahgunaan komputer dari yang relative sepele (misal untuk bermain game) sampai yang serius (misal pemberian virus). 

 




 



 





1 komentar:

Aplikasi DBMS Enterprise by ProProfs