Pemodelan Perangkat Lunak (Pertemuan ke-2)
1. Apakah perangkat lunak itu?
2. Apakah peran perangkat lunak?
3. Bagaimana perkembangan perangkat lunak?
4. Apakah permasalahan perangkat lunak?
5. Apakah jenis aplikasi perangkat lunak?
6. Apakah perbedaan antara perangkat lunak (software)rekayasa perangkat lunak (software engineering) dan rekayasa sistem (system engineering)?
7. Apa isu dan tanggungjawab professional perekayasa perangkat lunak?
Jawaban
1. Perangkat Lunak (Software)
Software adalah
sekelompok item atau objek yang membentuk konfigurasi di mana di dalamnya
termasuk:
a. Program : sekumpulan instruksi yang ketika
dieksekusi akan memberi fungsi dan hasil yang diinginkan.
b. Data : sekumpulan data yang memungkinkan program
memanipulasi informasi.
c. Dokumen : sekumpulan dokumen yang menggambarkan
operasi dan penggunaan program.
2. Peranan Perangkat Lunak:
a. Perangkat lunak adalah sebuah produk
b. Menyajikan potensi komputasi
c. Menghasilkan, mengelola, memperoleh, modifikasi,
menampilkan atau mengirimkan informasi
d. Perangkat lunak adalah alat untuk menyajikan sebuah produk
e. Mendukung atau menyediakan langsung fungsi
sistem
f. Mengendalikan program lain (mis : operating
system)
g. Mempengaruhi komunikasi (mis : networking software)
h. Membantu membangun PL lain (mis : software
tools)
3. Perkembangan perangkat lunak :
- Tahun-tahun Pertama (Era Pertama)
• Batch
Orientation
Suatu orientasi
di mana proses dilakukan setelah data dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu,
atau proses dilakukan setelah data terkumpul, lawan dari batch adalah Online
atau Interactive Process. Keuntungan dari Interactive adalah mendapatkan data
yang selalu up to date.
• Limmited
distribution
Suatu
penyebaran software yang terbatas pada perusahaan perusahaan
• Custom
software
Software yang
dikembangkan berdasarkan keinginan perusahaanperusahaan tertentu.
- Tahun-tahun kedua (Era Kedua)
a. Multi user
Suatu sistem di mana satu komputer digunakan oleh beberapa user pada saat yang sama.
b. Real Time
Suatu sistem
yang dapat mengumpulkan, menganalisa dan
mentransformasikan data dari berbagai sumber, mengontrol proses dan
menghasilkan output dalam mili second.
c. Database
Perkembangan
yang pesat dari alat penyimpan data yang OnLine menyebabkan muncul generasi
pertama DBMS (DataBase Management System).
d. Product Software
Adalah software
yang dikembangkan untuk dijual kepada masyarakat luas.
- Tahun-tahun ketiga (Era ketiga)
• Distributed
system
Suatu sistem
yang tidak hanya dipusatkan pada komputer induk (Host computer), daerah atau
bidang lainnya yang juga memiliki komputer yang ukurannya lebih kecil dari
komputer induk. Lawan dari distributed system adalah Centralized System.
•
Embedded
Intelegence
Suatu product
yang diberi tambahan “Intellegence” dan biasanya
ditambahkan mikroprocessor
yang mutakhir. Contohnya adalah
automobil, robot, peralatan diagnostic serum
darah.
• Low Cost
Hardware
Harga hardware
yang semakin rendah, ini dimungkinkan karena
munculnya Personal Computer.
• Consumer Impact
Adanya
perkembangan komputer yang murah menyebabkan banyaknya software yang
dikembangkan, software ini memberi dampak yang besar terhadap masyarakat.
- Tahun-tahun keempat(Era Keempat)
a. Expert System
b. Al machine
c. Parallel Architecture
4. Masalah Perangkat Lunak
a. Expert System
Suatu
penerapan A.I. (Artificial Intellegence) pada bidang-bidang tertentu, misalnya
bidang kedokteran, komunikasi, dll.
b. Al machine
Suatu
mesin yang dapat meniru kerja dari sebagian otak manusia. Misalnya mesin robot,
komputer catur.
c. Parallel Architecture
Arsitektur
komputer yang memungkinkan proses kerja LAN paralel, yang dimungkinkan adanya
prosesor berbeda dalam satu komputer
4. Masalah Perangkat Lunak
1. Estimasi jadwal dan biaya yang seringkali tidak
tepat 2. Produktivitas orang-orang software (programmer)
yang tidak dapat mengimbangi permintaan kebutuhan software. 3. Kualitas
software yang kurang baik.
5. Jenis aplikasi perangkat lunak
6. - Perangkat Lunak (Software)
a. system software
b. engineering/scientific
software
c. application
software
d. embedded
software . product line software
e. WebApps (Web
applications)
f. AI
software
6. - Perangkat Lunak (Software)
Software adalah
sekelompok item atau objek yang membentuk konfigurasi di mana di dalamnya
termasuk:
a. Program : sekumpulan instruksi yang ketika
dieksekusi akan memberi fungsi dan hasil yang diinginkan.
b. Data : sekumpulan data yang memungkinkan program
memanipulasi informasi.
c. Dokumen : sekumpulan dokumen yang menggambarkan
operasi dan penggunaan program.
mantapp
BalasHapusMy blog